Earth Hour 60+



Ada yang pernah liat slogan bertuliskan Earth Hour 60+ (60 Plus) di atas?

Ini adalah Earth Hour 60 Plus. Kalian pasti bertanya-tanya kan, Apa itu Earth Hour 60 Plus? Apa hubungannya Earth Hour sama 60+ ?


Earth Hour 60 Plus adalah sebuah kegiatan global yang diadakan oleh World Wide Fund for Nature (WWF) pada Sabtu terakhir bulan Maret setiap tahun. Kegiatan ini berupa pemadaman lampu dan peralatan listrik selama satu jam secara serentak di laksanakan pada pukul 20.30 – 21.30 yang tidak diperlukan di rumah dan perkantoran untuk meningkatkan kesadaran akan perlunya tindakan upaya penurunan   emisi karbon dioksida yang memicu pemanasan global dan perubahan iklim. Kegiatan yang dicetuskan WWF dan Leo Burnett ini pertama kali diselenggarakan pada tahun 2007.



Kini, logo earth hour telah mengalami perubahan yaitu berupa angka 60 dengan ilustrasi permukaan bumi dan latar belakang hitam. Sejak penyelenggaraan tahun 2011 ditambahkan tanda plus (+) di belakang angka 60. Angka 60 pada logo ini mempunyai arti 60 menit fokus pada tindakan mengurangi emisi CO2. Tanda “+” berarti kegiatan earth hour tidak hanya dilakukan selama 60 menit saja, namun diikuti dengan perubahan gaya hidup sehari-hari yang lebih ramah lingkungan.

Seperti tahun lalu, Earth Hour mengajak masyarakat untuk melakukan aksi mempertahankan kelestarian lingkungan. Bentuknya berupa tantangan dalam gerakan "Ini Aksiku! Mana Aksimu?"

Dari gerakan ini, DKI Jakarta sebagai tuan rumah Earth Hour 2012 di Indonesia, berhasil menurunkan beban listrik hingga 214 Mega Watt (MW). Listrik sebanyak ini sama dengan menghemat bahan bakar minyak sebanyak 64.000 liter atau setara dengan penurunan emisi karbon sebesar 154 ton.

Pada intinya, ini bukan hanya bicara soal pemadaman lampu/listrik sejam saja, tapi jadikanlah ini sebagai lifestyle/gaya hidup kita sejak hari ini, penghematan energi juga akan menghemat pengeluaran kita.


WE LOVE EARTH 

Komentar

Postingan Populer